Psychology Department, Gunadarma University

Jumat, 17 Juni 2016

Kemajuan IPTEK (Tugas Softskill IX)



Pada abad ke-20 ini, ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Perkembangan IPTEK tersebut membuat manusia harus dapat menggunakannya sebijak mungkin, karena hal itu memberikan dampak yang tak sedikit bagi kehidupan manusia, baik itu dampak positif maupun negatif. Berikut merupakan beberapa dampak perkembangan IPTEK bagi kehidupan manusia dalam bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya.
Pertama, dalam bidang Sosial. Seperti kita ketahui, sekarang ini seseorang dapat terhubung atau bahkan menjalin relasi dengan orang lain yang berada di tempat jauh, bahkan di belahan dunia yang lain. Salah satu penyebab hal ini dapat terjadi, yaitu karena adanya kemunculan smartphone. Smartphone membuat seseorang menjadi mudah berbicara/mengobrol dengan orang yang posisinya jauh melalui aplikasi chatting atau dapat melalui fiture telepon. Namun, hal ini juga memiliki dampak negative. Jika seseorang kurang dapat menggunakan smartphone secara kurang bijaksana, maka ia akan menghabiskan waktunya untuk memainkan benda tersebut tanpa jeda, dan membuat relasinya dalam dunia nyata dengan orang-orang terdekat menjadi renggang.
Kedua, dalam bidang Ekonomi. Kemajuan IPTEK di bidang ekonomi dapat memudahkan orang dalam melakukan transaksi. Jika ingin mengirim uang, seseorang hanya perlu men-transfer ke rekening yng dituju melalui ATM, internet banking, atau SMS banking. Hal ini dapat menyebabkan seseorang yang sedang sibuk atau tidak mempunyai waktu senggang, memiliki cara yang lebih praktis jika ingin melakukan transaksi. Tetapi pemakaian secara kurang bijaksana dapat menyebabkan pemborosan dan jika dimanfaatkan secara kurang baik oleh orang-orang tak bertanggung jawab, maka dapat menimbulkan kasus kriminalitas.
Ketiga, kemajuan IPTEK dalam Budaya. Kemajuan IPTEK dalam budaya suatu masyarakat dapat membawa benefit, anatara lain meningkatnya kesejahteraan manusia, terpenuhinya kebutuhan hidup manusia, berkembangnya pemikiran rasional, memudahkan dalam berinteraksi dan bersosialisasi. Sedangkan dampak negative yang dapat timbul dalam konteks kebudayaan ini, yaitu adanya perubahan tata nilai kehidupan masyarakat, global warming, adanya kekhawatiran terhadap snejata kimia dan nuklir, dan yang terakhir meningkatnya kenakalan remaja dan kriminalitas.


Referensi: http://ffidrian.blogspot.co.id/2015/03/dampak-positif-dan-negatif-iptek.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar